Hai Kamu Urang Purwakarta Terbaik!
Dilansir dari laman jabar.tribunnews.com, bahwa Mal Pelayanan Publik (MPP) Bale Madukara terus membuktikan diri sebagai pusat layanan unggulan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Setelah lebih dari empat tahun menjadi jantung layanan terpadu, kini MPP yang berlokasi strategis di Jalan Jenderal Sudirman, Pasar Jumat, membuka lembaran baru dengan menghadirkan layanan akhir pekan setiap Sabtu dan Minggu pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.
Langkah progresif ini diresmikan langsung oleh Bupati Purwakarta, Saepul Bahri Binzein (Om Zein). Inisiatif ini lahir dari tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan publik yang fleksibel serta arahan Gubernur Jawa Barat dalam upaya memperluas akses dan kualitas layanan.
“Antusiasme masyarakat sangat besar. Banyak warga yang tak sempat dilayani di hari kerja. Kami hadirkan solusi melalui layanan akhir pekan ini,” ungkap Om Zein saat dikonfirmasi Tribunjabar.id, Minggu (13/4/2025).
Dari total 38 tenant yang beroperasi di MPP Bale Madukara, ia mengatakan sebanyak 17 tenant kini siap melayani di akhir pekan. Di antaranya, yaitu SAMSAT, Bank BJB, BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan, ATR/BPN, Pegadaian, Pos Indonesia, Bapenda, SIMBG, Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Dinsos P3A, Disnakertrans (layanan kartu kuning), PDAM Gapura Tirta Rahayu, DPMPTSP, termasuk klinik investasi dan klinik perizinan.
Lebih dari sekadar pusat layanan, MPP Bale Madukara menjadi simbol transformasi digital pelayanan publik. Om Zein menyebutkan bahwa MPP ini telah beralih dari sistem konvensional ke sistem digital, menjadikannya salah satu MPP digital terdepan di Indonesia.
Tak hanya terpusat di kota, Om Zein menyebutkan, Pemerintah Daerah juga menghadirkan Teras Madukara di lima kecamatan, yakni di Campaka, Wanayasa, Plered, Jatiluhur, dan Maniis.
Ia menyebutkan, hal tersebut menjadi solusi nyata untuk mendekatkan layanan ke masyarakat di wilayah yang sulit dijangkau.
Sementara itu, Kepala Dinas DPMPTSP, Hariman Budi Anggoro, menegaskan pentingnya pelayanan publik sebagai representasi kehadiran nyata pemerintah.
Ia menyebutkan bahwa layanan MPP Bale Madukara berlandaskan pada UU No. 25 Tahun 2002, PP No. 96 Tahun 2012, dan Permenpan RB No. 9 Tahun 2021.
Dengan rata-rata 600 pengunjung setiap hari dan berbagai penghargaan bergengsi, seperti nilai tertinggi dari Ombudsman RI (95,76) dan pengakuan dari Kemenpan RB, MPP Bale Madukara kini diakui sejajar dengan MPP terbaik lainnya di Indonesia, seperti MPP Bima.
“Ini bukti nyata dedikasi seluruh pihak yang bekerja untuk menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas dan humanis,” katanya.
Bagaimana menurut KangBro & TehSist?
Yuk Semangat!
Proud to be #urangpurwakarta
Sumber : jabar.tribunnews.com/Deanza Falevi
Ilustrasi : mpp.purwakartakab.go.id